Selasa, 02 April 2019

Tiga Karakter Dibentuk dalam Pendidikan Musik

Pembangunan karakter adalah masalah yang muncul di bidang pendidikan. Pembangunan karakter di sekolah diintegrasikan melalui proses pembelajaran di setiap mata pelajaran yang ada. Pendidikan musik sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah, bisa berarti membangun karakter siswa. Itu bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan musik yang bisa dialami langsung oleh para siswa, salah satunya adalah ansambel. Tujuan artikel ini adalah untuk mengungkapkan karakter yang dapat dikembangkan melalui pendidikan musik, khususnya ansambel.

Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah menengah umum negeri di Yogyakarta dengan memilih tiga sampel berdasarkan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner berdasarkan teknik Exploratory Factor Analysis dan Confirmatory Factor Analysis. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha dan Variance Reliability. Juga, deskriptif kuantitatif digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa ada tiga karakter yang dibentuk melalui pendidikan musik di sekolah, mereka adalah "rasa" kepekaan, kreativitas dan rasa hormat.

Jurnal : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/12431 Sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/534331/
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar