Selasa, 02 April 2019

Proses Penalaan Piano di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Piano berasal dari kata pianoforte, yaitu sebuah instrumen keyboard akustik yang dapat menghasilkan volume nada yang bervariasi dari lunak hingga keras, yang di pada perkembangan sebelumnya kapasistas tersebut tidak terdapat. Pergantian musim dapat mengakibatkan perubahan tingkat ketegangan lebih dari 200 senar piano sehingga instrumen ini perlu ditala secara rutin. Penelitian ini mengkaji tenik penalaan piano oleh teknisi piano di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Melalui pendekatan observasi peneliti mengamati proses penalaan yang pada dasarnya adalah penyelarasan ketegangan senar-senar piano sesuai dengan standar bunyi musikal agar hasil talaan dapat mencapai tingkat akurasi yang terbaik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penalaan piano yang digunakan di Jurusa Musik hingga saat ini adalah sistem equal tempered, yaitu membagi oktaf menjadi 12 nada secara rata. Di antara tahap awal dari sistem equal tempered yang telah dilakukan ialah dengan cara menala nada A4  pada ketinggian 440 Hz. Untuk selanjutnya ketiga senar yang mendukung sebuah nada ditala sehingga ketiganya mencapai ketinggian yang sama pada nada tersebut. Penalaan piano menggunakan alat yang disebut hammer tuning. Dengan alat tersebut nada-nada tempered dirangkai  dari E3 hingga Bes4 sebagai patokan untuk merangkai nada diskan (nada-nada di atas) dan baskan (nada-nada di bawah).

Jurnal dapat dibaca di : http://journal.isi.ac.id/index.php/promusika/article/view/2287

Referensi :

  • Barbour, Murray J. 1951. Tuning and Temperament: A Historical Survey. USA: Michigan State College Press,
  • Brinsmead, Edgar. 1879. The History of the Piano Forte: Theory of Sound & Also of the Music and Musical Instruments of the Ancients. London: Novello, Ewer & CO.
  • Culver, Charles A. 1956. Musical Acoustic. New York: Mc Graw Hill Book Company.
  • Fine, Larry. 1950. The Piano Book: A Guide to Buying a New or Used Piano. Massachusetts: Brookside Press-Boston.
  • Fischer, J. Cree. 1975. Piano Tuning: A Simple and Accurate Method for Amateurs. New York: Dover Publications Inc.
  • Holland, Frank W. 1980. “Piano Forte” da-lam Stanly Sadie (ed.), The New Grove Dictionary of Music and Musicians, Volume 19. London: Macmillan Publisher Limited.
  • Lindley, Mark. 1980. “Just intonation”, da-lam Stanley Sadie (ed.), The New Grove Dictionary of Music and Musicians, Volume 18. London: Macmillan Publisher Limited.
  • Lindley, Mark. 1980. “Temperament”, da-lam Stanley Sadie (ed.), The New Grove of Dictionary Music and Musicians, Volume 25. London: Macmillan Publisher Limited.
  • Lindley, Mark. 1980. “Tuning”, dalam Stanley Sadie (ed.), The New Grove Dictionary of Music and Musician, Volume 25. London: Macmillan Publisher Limited.
  • Musmal. 2013. “Melaras Piano Dengan Sis-tem Equal Tempered”, dalam Pro-musika, Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik, Vol. 1, No. 1, April 2013. Yogyakarta: Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta.
  • Rastall, Richard. 1980. “Pitch”, dalam Stanley Sadie (ed.), The New Grove Dictionary of Music and Musician, Volume 19. London: Macmillan Publisher Limited.
  • Sitorus, Eritha R. 1988. “Penalaan Nada Pada Alat-alat Musik yang Me-makai Klafikatur”, Skripsi S-1 Seni Musik, Yogyakarta: Jurusan Musik FSP Institut Seni Indonesia Yogya-karta

Sumber gambar : https://www.amazon.co.uk/Piano-Stickers-88-LAMINATED-PSBW/dp/B018PSKLMK
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar