thumbnail

Malarsih Raih Doktor Pendidikan Seni di Pascasarjana UNNES

Semarang (12/04), anggota AP2Seni meraih gelar Doktor bidang Pendidikan Seni dari Universitas Negeri Semarang. Di hadapan delapan penguji, Dr. Malarsih, M.Sn. telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Tari Gaya Mangkunegaran: Fungsi dan Penegasan Identitas Mangkunegaran". Sebagai doktor ke 14 lulusan Prodi Pendidikan Seni Pascasarjana UNNES, Dr. Malarsih merupakan salah satu pakar tari klasik di Indonesia.

Dr. Malarsih, M.Sn, melalui risetnya telah menelurkan temuan teoretik yang cukup penting  tentang "identitas Mangkunegaran" sebagai leburan gaya Solo dan Jogja. Identitas tersebut, di satu segi, terepresentasikan secara simbolik melalui gerak tari, sedangkan di segi lain didukung secara fungsional melalui slingkungan sosio-budaya, pranata-pranata kesenian, dan kebutuhan estetik masyarakat pendukungnya.

Dalam disertasinya, tercatat Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, MA sebagai Promotor, Dr. Hartono, M.Pd. sebagai  Kopromotor, dan Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd. sebagai Anggota Promotor. Adapun penguji utama disertasi yaitu Prod. Dr. Hj. T Narawati (UPI) dan Prof. Dr. Muhammad Jazuli (UNNES).
Informasi Prodi S3 Pendidikan Seni UNNES dapat disimak di link berikut

1 Komentar